Alat Ukur dan Pengukuran Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi

Alat ukur, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, dapat difungsikan dengan
baik apabila kita menguasai setiap menu dan tombol yang terdapat pada alat tersebut.
Saat ini, banyak produsen alat ukur yang memberi kita beragam pilihan. Satu jenis alat ukur dapat memiliki bentuk, posisi tombol pengoperasian, bahkan tampilan menu yang berbeda-beda.

Tujuan Pembelajaran

Alat ukur, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, dapat difungsikan dengan baik apabila kita menguasai setiap menu dan tombol yang terdapat pada alat tersebut. Saat ini, banyak produsen alat ukur yang memberi kita beragam pilihan. Satu jenis alat ukur dapat memiliki bentuk, posisi tombol pengoperasian, bahkan tampilan menu yang berbeda-beda.

Baca Juga :  Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (K3LH) dan Budaya Kerja Industri

Peta Konsep

Perkembangan teknologi yang pesat saat ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Ketergantungan manusia terhadap fungsi dari ponsel cerdas, tablet, dan komputer yang notabene merupakan alat-alat produk teknologi modern, sudah tidak terelakkan. Berbagai aspek keseharian mulai dari bekerja, belanja, belajar, hingga mencari informasi dilakukan melalui perangkat kecil yang dapat kita genggam dan bawa ke mana saja.

Sebagai contoh, perkembangan teknologi seluler sejak era 1G sampai sekarang 5G, membawa banyak perubahan. Penyelenggaraan infrastruktur digenjot untuk mempercepat implementasi teknologi terkini. Kebutuhan penggunaan data yang tinggi juga mendorong perkembangan pada teknologi kabel, tepatnya fiber optik. Berperan sebagai backbone dalam teknologi telekomunikasi, teknologi fiber optik menjadi idola semua vendor telekomunikasi saat ini. Semua bersaing untuk menjadi yang terdepan dengan menggelar fiber optik di seluruh penjuru tanah air.

Baca Juga :  Perkembangan Teknologi di Bidang Teknik Jaringan Komputer dan telekomunikasi
Scroll to Top