Media dan Jaringan Media dan Jaringan Telekomunikasi

Berapa jumlah komputer di dalam laboratorium komputer TKJ di sekolah kalian? Bagaimana kalian memberikan alamat IP jika komputer di sekolah berjumlah lebih dari 500 unit?

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyelesaikan aktivitas belajar pada bab ini, kalian diharapkan dapat menganalisis prinsip dasar TCP/IP, menjelaskan prinsip dasar alamat IPv4, menganalisis prinsip dasar networking service (layanan jaringan), serta menjelaskan prinsip dasar keamanan jaringan telekomunikasi dan WLAN.

Peta Konsep

Pada Bab 2 lalu, kalian telah mempelajari bahwa perkembangan jaringan komputer dan telekomunikasi sampai saat ini, telah menyatukan berbagai jenis jaringan khusus (dedicated)—seperti jaringan telepon, jaringan televisi, dan jaringan komputer—menjadi sebuah jaringan terintegrasi. Layanan jaringan terintegrasi (converged) tidak akan terwujud tanpa perkembangan media dari jaringan telekomunikasi. Kalian juga telah mempelajari perkembangan media telekomunikasi baik jaringan kabel maupun jaringan nirkabel pada materi sebelumnya.

Baca Juga :  Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (K3LH) dan Budaya Kerja Industri

Selain media, protokol komunikasi juga turut menjadi faktor utama perubahan jaringan menjadi terintegrasi, yaitu protokol dalam jaringan khusus (dedicated) memiliki protokol yang berbeda. Sebagai contoh, PSTN, PAL, dan NTSC kini dapat terintegrasi dalam protokol TCP/IP. Pada bab ini, kita akan mempelajari prinsip dasar dari kerja TCP/IP, prinsip dasar layanan jaringan telekomunikasi, dan prinsip dasar keamanan jaringan komputer dan telekomunikasi.

A. Prinsip Dasar TCP/IP dan Alamat IP

Scroll to Top