Proses Bisnis di Bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Saat merencanakan jaringan komputer di sebuah perusahaan, kalian
memerlukan analisis terhadap kebutuhan pengguna. Jadi, apa sebenarnya
analisis kebutuhan pengguna pada perencanaan jaringan komputer dan
telekomunikasi di sebuah perusahaan?

Tujuan Pembelajaran :

Setelah menyelesaikan kegiatan belajar pada Subbab A, kalian diharapkan dapat menjelaskan sebuah proses bisnis dari para pelaku bisnis dan menganalisis aktivitas utama dari proses bisnis di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Setelah menyelesaikan kegiatan belajar pada Subbab B, kalian diharapkan dapat menyusun sebuah dokumen survei kebutuhan pengguna dan menerapkan penanganan pelanggan (customer handling) pada pelaksanaan survei kebutuhan pelanggan jaringan komputer dan telekomunikasi. Setelah menyelesaikan kegiatan belajar pada Subbab C, kalian diharapkan dapat memilih komponen fisik dan logic jaringan komputer sesuai dengan fungsinya, kemudian menerapkannya dalam perangkat simulasi jaringan.

Peta Konsep :

Dalam merencanakan jaringan komputer di sebuah perusahaan, tentunya kita perlu mengetahui proses bisnis dari perusahaan tersebut. Hal ini karena jaringan komputer yang akan dibangun diharapkan dapat meningkatkan proses bisnis perusahaan. Kebutuhan pelanggan menjadi informasi yang penting, seperti
informasi tentang berapa grup kerja perusahaan yang dapat dijadikan sebagai penentu segmen jaringan.
Informasi tentang berbagai layanan (service) perusahaan juga diperlukan guna mewujudkan layanan yang lebih luas melalui jaringan komputer dan telekomunikasi dari perusahaan tersebut. Informasi mengenai alur kerja (work flow) perusahaan juga sangat diperlukan untuk dijadikan sebagai arah akses sebuah jaringan dalam perusahaan tersebut, apakah searah atau dua arah antargrup kerja. Informasi tersebut dapat diimplementasikan dalam sebuah firewall. Informasi lain yang dibutuhkan ialah banyaknya pengguna jaringan komputer yang akan mendapatkan layanan.

Baca Juga :  Media dan Jaringan Media dan Jaringan Telekomunikasi

A. Proses Bisnis

Di pasar tradisional atau pasar modern, terdapat sebuah kegiatan ekonomi yang dapat kalian lihat secara nyata. Di dalam pasar, kalian dapat melihat bagaimana manusia melakukan usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Menurut kalian, kegiatan seperti apa yang terjadi di pasar dalam memenuhi kebutuhan perekonomian?

Berdasarkan contoh proses bisnis yang kalian tuliskan dalam Tabel 1.1, mari kita definisikan proses bisnis. Pada Tabel 1.1, apakah kalian melihat serangkaian tahapan kegiatan yang terstruktur? Apakah kalian juga melihat aktivitas utama yang diproduksi/dihasilkan baik barang maupun jasa yang menjadi tujuan ekonomi? Coba kalian rangkai jawaban dari semua pertanyaan tersebut menjadi definisi dari sebuah proses bisnis!

Baca Juga :  Profesi dan Kewirausahaan Profesi dan Kewirausahaan

B. Perencanaan Jaringan Komputer dan Telekomunikasi pada Sebuah Proses Bisnis

Dalam menunjang tercapainya target dari kegiatan perekonomian, setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda. Misalkan ada perusahaan yang memproduksi kue (contoh yang telah kalian pelajari) dan perusahaan yang menghasilkan jasa. Menurut kalian, apakah perencanaan jaringan di kedua perusahaan tersebut dapat menggunakan desain yang sama?

Kebutuhan pelanggan baik berupa kebutuhan jumlah pengguna maupun kebutuhan layanan jaringan, menjadi informasi yang penting. Untuk mendapatkan semua informasi tersebut, kita perlu melakukan survei kebutuhan pelanggan melalui wawancara atau pembagian formulir survei.

Sebagai bagian dari grup Networking Design, kalian mendapat tugas dari
kantor tempat bekerja (Perusahaan ISP MyTelco) untuk melaksanakan survei
kebutuhan. Coba buatlah sebuah contoh perencanaan pengembangan formulir
survei jika informasi yang ingin didapat, antara lain:

  1. jumlah pengguna jaringan komputer;
  2. jumlah perangkat keras yang akan terintegrasi dengan jaringan;
  3. informasi grup kerja;
  4. informasi alur kerja dari proses bisnis;
  5. anak cabang dari perusahaan;
  6. jarak antargedung (jika gedung terpisah); dan
  7. layanan yang dibutuhkan perusahaan.
Baca Juga :  Alat Ukur dan Pengukuran Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi
Scroll to Top